Beberapa Cara Efektif Untuk Memaksimalkan Baterai Ponsel Anda

charge-smartphoneDibalik kelebihan dan manfaat ponsel pintar pada kehidupan kita sehari-hari, satu hal yang membuat banyak orang dan termasuk saya kecewa adalah kekuatan baterai yang biasanya hanya mampu bertahan satu hari atau maksimal dua hari saja. Ya, memang di pasaran banyak powerbank yang mampu mengatasi masalah ini. Namun  bagi anda yang malas bepergian dengan powerbank berikut adalah beberapa cara agar baterai ponsel anda  kinerjanya tetap maksimal.

  1. Segera mencabut charger ketika baterai penuh

Menurut Battery Univesity membiarkan ponsel tetap dicharger semalaman akan memberikan dampak yang buruk pada battery dalam jangka lama.

Ketika baterai ponsel anda sudah penuh akan tetapi tetap tersambung dengan charger akan membuat baterai ‘stress’ yang juga bisa mempengaruhi kandungan kimia didalamnya yang pada akhirnya akan membuat baterai berumur lebih pendek.

Bahkan Battery University menambahkan apabila baterai penuh yang paling baik adalah kita melepaskan baterainya agar melepaskan stres setelah di charge beberapa jam. Sama halnya seperti kita melakukan relaksasi dan peregangan setelah kita melakukan olah raga pada otot kita.

2. Kenyataannya Usahakan Tidak Mengisi Baterai 100 Persen Penuh

Baterai Li-On pada dasarnya tidak perlu dicharge 100 persen penuh menurut Battery University dengan tujuan untuk mengurangi stress pada baterai dan dapat memperpanjang umur baterai.

3. Charger Sesering Mungkin Ketika Anda Bisa

Ternyata lebih baik anda men-charge ponsel anda beberapa kali dalam sehari ketika anda sempat daripada anda men-charge lama ketika baterai anda benar-benar habis.

Yang terbaik anda men-charge ketika ponsel anda dengan kondisi baterai hanya 10 persen saja. Tetapi akan sangat tidak praktis apabila hanya berpatokan pada angka 10 persen, maka solusinya adalah anda dapat men-charge sebisa anda dan sesering mungkin. Bukan hanya membuat baterai anda akan tetap penuh akan tetapi juga menjaga baterai anda tetap maksimal kinerjanya.

4. Usahakan Ponsel AndaTetap Dingin

Baterai ponsel sangat sensitif terhadap suhu panas, sehingga tidak disarankan menggunakan sarung ponsel yang tidak bisa melepas suhu baterai.

 

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *