Beberapa Cara Efektif Untuk Mengurangi Kecanduan Smartphone

kecanduan-smartphoneSeberapa sering anda mengecek smartphone atau ponsel pintar anda di kasur menjelang tidur? setiap malam? Atau seringkah anda merasa panik ketika anda tidak bisa menemukan ponsel pintar anda pada tempat biasanya? Apabila anda sering mengalami ini bisa jadi anda kecanduan smartphone anda.

Kecanduan ini biasanya juga berhubungan erat dengan penggunaan aplikasi media sosial seperti misalnya Facebook, Twitter, Instagram ataupun email. Biasanya ketika anda sedang ‘mati gaya’ atau disaat anda memiliki waktu luang, otomatis anda akan langsung membuka smartphone anda dan mengecek media sosial tersebut, melihat dengan seksama dari atas ke bawah, mencari update baru layaknya anda sedang mendulang emas yang tersembunyi dalam tumpukan pasir.

Kecanduan anda adalah bisnis yang bernilai besar bagi perusahaan-perusahaan aplikasi. Para Insinyur ataupun ahli progammer akan bekerja keras agar anda selalu ‘tidak bisa hidup tanpa smartphone’. Apakah anda pernah menyadari kalau akhir-akhir ini sering melihat salah satu teman FB anda sering muncul di timeline anda dibandingkan dengan teman yang lain? atau anda dilanda kebingungan suatu hari ketika topik berita yang anda ‘like‘ terus-menerus muncul di timeline anda? Jangan pernah berpikir hal tersebut adalah suatu kebetulan semata.

Contoh lain adalah inovasi abad ini yang sangat berpengaruh yaitu : notifikasi. Dengan notifikasi anda ‘diminta’ untuk terus-menerus mengecek smartphone anda. Panjang timeline yang tak berujung juga ‘membantu’ anda menemukan berita atau status apapun yang tidak ingin anda lewatkan.

Kecanduan seperti ini hampir sama dengan kecanduan kita menonton televisi. Bedanya kecanduan pada TV termasuk ringan apabila dibandingkan dengan smartphone. TV tidak bisa menampikan apa yang dilakukan teman anda, atau TV juga tidak bisa menayangkan foto anda ketika berlibur di Bali pada teman atau keluarga anda.

Jadi berikut adalah beberapa hal yang anda bisa lakukan untuk  mengurangi kecanduan pada smartphone diantaranya :

1. Matikan notifikasi anda. Dengan non-aktifnya fitur ini setidaknya tidak akan menggangu konsentrasi anda dan mengurangi niat anda untuk melihat smartphone.

2. Buat jadwal berapa jam atau menit anda akan menggunakan media sosial setiap harinya.

3. Jauhkan smartphone anda dari jangkauan tangan anda. Dengan begitu setidaknya anda akan mengurangi niat anda hanya untuk sekedar mengecek media sosial.

4. Pindahkan ikon applikasi yang anda sering cek misalnya FB atau twitter ke bagian yang sulit dijangkau. Misalnya saja pada iPhone masukkan ke dalam folder tersendiri sehingga membuat anda rumit untuk mengaksesnya, diharapkan anda akan malas untuk membukanya.

Sekedar pengingat, ini hanyalah permulaan dari perkembangan teknologi yang mungkin di masa depan akan semakin canggih. Bukan hal yang mustahil di masa datang smartphone akan di pasang pada wajah kita.

Itulah sebabnya ada baiknya kita memenangkan ‘pertempuran’ ini dari sekarang.

 

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *