Beberapa Fakta Tentang Menara Eiffel Yang Anda Mungkin Tidak Pernah Ketahui

menara-eiffelSiapa yang tidak kenal dengan menara Eiffel di Paris, Prancis. Menara ini merupakan objek wisata yang paling banyak dikunjungi orang dari seluruh dunia.  Merupakan simbol terkenal dari negara Prancis dan sekaligus ciri khas dari kota Paris.

Tetapi ternyata dibalik popularitasnya tersebut menara Eiffel memiliki banyak fakta dan sejarah yang sebagian besar diantara kita mungkin belum pernah ketahui. Beberapa fakta menarik diantaranya adalah:

1. Gustave Eiffel bukanlah perancang asli menara Eiffel. Pada awalnya Gustave yang seorang arsitek merasa pesimis rencana pembangunan menara ini akan berhasil, dengan alasan proyek tersebut akan membutuhkan banyak dana dan dinilai tidak realistis. Oleh karena itu ia menyuruh koleganya yang bernama Maurice Koechlin dan Emile Nouguier untuk mendesain menara Eiffel. Akan tetapi pada akhirnya Gustave berhasil membeli hak paten desain asli menara tersebut.

gustave-eiffel
Gustave Eiffel

 

2. Orang Paris sendiri tidak terlalu suka dengan menara Eiffel. Pada awal berdiri,banyak kantor redaksi surat kabar setempat yang dikirimi surat dari warga Paris mengenai menara Eiffel yang dianggap tidak cocok dengan kota Paris baik dari segi estetika maupun dari segi arsiteknya. Salah satu penentang menara Eiffel pada waktu itu adalah seorang novelis terkenal bernama Guy de Maupassant yang merasa kurang sreg dengan pembangunan menara tersebut. Lucunya Guy sendiri sering menyantap makan siang di restoran yang berada di menara Eiffel. Ketika beberapa orang bertanya mengapa ia melakukan hal tersebut, Guy beralasan bahwa tempat itu adalah tempat dimana ia tidak bisa melihat menara Eiffel.

tour-eiffel
Peresmian menara Eiffel tahun 1889

3. Tingginya akan berubah sesuai musim. Menara Eiffel terbuat dari besi, oleh karena itu ketika musim panas dimana matahari akan bersinar dengan teriknya Eiffel akan memanjang kurang lebih 6,7 inci dan ketika musim dingin akan kembali menyusut.

4. Menara Eiffel direncanakan hanya akan berdiri selama 20 tahun. Eiffel didirikan pada tahun 1 September 1887 dan direncanakan akan dirobohkan pada tahun 1909, namun seiring dengan berjalannya waktu pemerintah Prancis akhirnya memutuskan untuk mempertahankan menara tersebut dengan alasan bisa digunakan sebagai antena raksasa.

puncak-menara-eiffel

5. Bukan hanya sebagai tempat wisata. Didalam menara terdapat juga kantor pos, laboratorium,restoran ,museum, kantor surat kabar dan arena selancar es di bagian dasar menara ketika musim dingin telah tiba.

6. Setiap 7 tahun dicat ulang dengan jumlah cat 50 hingga 60 ton cat. Ini bertujuan agar kondisi menara bebas dari karat. Warna catnya sendiri sebetulnya bervariasi, misalnya saja pada bagian atas untuk mengimbangi warna langit dan pengaruh cuaca, dicat dengan warna lebih gelap. Sedangkan untuk bagian bawah biasanya dicat dengan warna lebih terang.

pengecatan-menara-eiffel

7. Pada saat dibangun menara Eiffel merupakan bangunan tertinggi di dunia. Tetapi hal ini berlaku hingga tahun 1930, ketika gedung Chrysler di Amerika Serikat merebut gelar tersebut pada tahun yang sama.

8. Monumen bernilai sangat tinggi. Nilainya saat ini diperkirakan mencapai 618 miliar dolar, jauh lebih bernilai dibandingkan dengan misalnya Colosseum di Roma, Itali (91 miliar dolar) ataupun Gereja Sagrada Familia di Barcelona, Spanyol (90 miliar dolar).

9. Sempat akan dijual. Sebelum akhirnya diputuskan untuk dipertahankan pada tahun 1909, menara Eiffel sempat akan dijual oleh seorang penjahat terkenal dari Ceko yang bernama Victor Lustig. Ia berpura-pura menjadi pegawai pemerintah, memalsukan surat pemerintah, mengadakan lelang fiktif untuk pengerjaan merobohkan menara. Namun ternyata victor mengambil uang suap dari pemenang lelang dan kabur ke Austria.

victor-lustig

10. Pada awalnya tidak dilengkapi dengan lift. Untuk menaiki menara hingga ke bagian paling atas dibutuhkan nyali dan kebugaran fisik untuk menaiki anak tangga yang berjumlah 1,760 anak tangga. Lift pertama dibangun pada tahun 1889, namun pada saat itu belum mencapai bagian paling atas.

Barulah akhirnya pada tahun 1982 dilengkapi dengan lift hingga ke puncak. Pada tahun 1940 ketika pemimpin Nazi Adolf Hitler mengunjungi menara Eiffel, lift tersebut diputus talinya guna menghindari Hitler untuk menaiki ke bagian atas menara.

Saat ini untuk menaiki menara hingga ke bagian puncak pengunjung harus berganti lift di bagian tengah menara dan dilanjutkan dengan lift yang menuju ke puncak.

11. Terdapat 30 replika menara Eiffel di seluruh dunia. Beberapa  diantaranya berada di Amerika Serikat, satu yang terkenal berada di Las Vegas strip dan di New York.

eiffel-lasvegas
Las Vegas

 

 

You might also like

One thought on “Beberapa Fakta Tentang Menara Eiffel Yang Anda Mungkin Tidak Pernah Ketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *