Hacker Ini Berhasil Mematikan Mesin Jeep Cherokee Di Jalan Tol Dari Jarak Jauh

hacker-mobilDua orang hacker asal Amerika Serikat berhasil membuktikan bahwa mereka bisa meretas sebuah mobil Jeep Cherokee dari jarak jauh.

Dua orang Hacker yang bernama Charlie Miller dan Chris Valasek  yang berhasil membobol sistem Uconnect Infotainment Systems yang dimiliki pada mobil tersebut mampu menyalakan AC, radio, wiper dari jarak jauh melalui perantara Internet. Bahkan yang paling mengejutkan pada demonstrasi yang dilakukan di jalan bebas hambatan tersebut, mereka bisa mematikan mesin bahkan menon-aktifkan sistem rem begitu saja.

Ini bisa terjadi karena para hacker tersebut secara diam-diam mampu menulis ulang firmware bawaan pabrik dengan firmware buatan mereka sendiri yang terlebih dahulu telah disisipkan dengan kode-kode tertentu. Dengan menulis ulang tersebut maka mereka memiliki kontrol penuh pada semua fungsi perintah yang bisa diaktifkan secara jarak jauh  baik itu hanya untuk sekedar menyalakan radio atau hingga mematikan sistem rem.

Mereka juga menambahkan saat ini trend produsen mobil adalah melengkapi kendaraan mereka dengan sistem perangkat lunak sama seperti halnya yang terjadi pada telepon pintar. Perangkat lunak ini akan terus terhubung dengan internet, dan ini tentu saja memudahkan para hacker membobol sistem tersebut.


Source : http://www.wired.com/2015/07/hackers-remotely-kill-jeep-highway/

 

 

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *