Inilah Bioskop Tertua Di Dunia – L’Eden Théâtre

Eden Theatre
Eden Theatre – source : Ramdan hardianto

Siapa yang tidak suka nonton film di bioskop? aktifitas menonton di bioskop selain menjadi  kegiatan yang menghibur, bagi sebagian orang juga merupakan pilihan favorit untuk menghabiskan waktu bersama pasangannya. Tapi tahukah anda bioskop tertua di dunia ada dimana?

L’Eden Théâtre yang terletak di kota pelabuhan La Ciotat ini dinobatkan sebagai bioskop tertua di dunia. Di bioskop inilah pertama kali Lumiere bersaudara (Auguste dan Louis Lumiere) memperkenalkan pertama kalinya  gambar bergerak yang merupakan cikal bakal cinematography di dunia.

eden_theatreSejarah bioskop ini dimulai pada 16 juni 1889 dimana pada tanggal tersebut L’Eden pertama kali dibuka untuk umum. Pada saat itu L’Eden masih berupa tempat sederhana dan awalnya tempat ini bukan hanya diperuntukkan untuk pemutaran film saja akan tetapi juga digunakan sebagai  pertandingan gulat, konser musik dan juga pertandingan tinju.

Pada tahun yang sama juga di tempat ini pula pertama kalinya proyektor film pertama didunia dipergunakan dihadapan 250 orang yang kagum pada kecanggihan alat tersebut. Sejak saat itulah pertunjukan film di theatre Eden merupakan kegiatan yang rutin dilakukan, selain pertunjukan rutin lainnya.

eden_thetare2Selama beberapa dekade Eden Theatre menjadi tempat hiburan favorit warga La Ciotat, kota pelabuhan di bagian selatan Prancis. Konon sebagian warga La Ciotat menemukan pasangannya di tempat ini.

Pada tahun 80-an Eden theatre mengalami masa sulit ditambah lagi dengan musibah yang menimpa sang pemilik yang dibunuh oleh perampok yang ingin mencuri uang, menjadikan Eden hanya dibuka beberapa minggu dalam satu tahun. Hingga pada tahun 1992 dibeli oleh pemerintah setempat untuk dilestarikan.

Sejak kota tetangganya Marseille dinobatkan sebagai European Capital of Culture for 2013, Eden mendapatkan imbasnya untuk di renovasi kembali dan dibuka kembali setelah cukup lama terlantar walapun dikenal sebagai salah satu tempat yang bersejarah. Dengan memakan biaya hingga 8,1 juta dolar untuk peremajaan theatre ini diharapkan semua orang akan terus dapat menyaksikan L’Eden Theatre terus kokoh berdiri.

sumber:

http://www.edentheatre.org/
http://www.lefigaro.fr/cinema/2013/10/08/03002-20131008ARTFIG00268-la-ciotat-un-nouveau-ticket-pour-le-cinema-l-eden.php
http://www.telegraph.co.uk/culture/film/film-news/10364074/Worlds-oldest-cinema-to-open-again.html
http://www.berceau-cinema.com/crbst_3.html

 

You might also like

One thought on “Inilah Bioskop Tertua Di Dunia – L’Eden Théâtre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *