Inilah Penampakan Aktual Pluto Setelah Berpuluh-Puluh Tahun Hanya Berupa Gambar Ilustrasi

PlutoSeperti kita ketahui pesawat luar angkasa tanpa awak milik NASA Amerika Serikat berhasil mengambil foto aktual Pluto setelah bertahun-tahun lamanya kita hanya bisa melihat melalui ilustrasi gambar saja.

Pesawat yang bernama New Horizon tersebut akhirnya berhasil mendekati Pluto setelah menjalankan misi perjalanan selama 9 tahun dengan jarak yang berhasil ditempuh lebih dari 3 milyar mil perjalanan luar angkasa.

Keberhasilan ini bisa dibilang suatu kemajuan yang sangat berarti khususnya bagi ilmu pengetahuan luar angkasa,karena selama ini kita hanya bisa mengira-ngira bentuk, rupa dan besarnya Pluto hingga akhirnya New Horizon berhasil mendekati Pluto dan mengirimkan foto pertamanya.

New Horizon pertama kali diluncurkan pada tahun 2006 dengan misi mencapai Planet Pluto (saat itu masih dinobatkan sebagai planet) dan satelit-satelitnya. Misi ini sangat penting karena selama ini hanya Pluto-lah yang susah untuk mendapatkan gambarnya. Walaupun dengan menggunakan Teleskop Hubble, gambar yang didapat hanya berupa titik cahaya yang kurang jelas dan terlalu kecil. Untuk itulah NASA menjalankan misi ini dengan pesawat New Horizon yang berukuran sebesar piano ini.

Perbandingan Pluto Dan Bumi

perbandingan-pluto-dan-bumi

Pluto yang diketemukan oleh Clyde Tombaugh pada tahun 1930, selalu mengundang banyak pertanyaan para ilmuwan khususnya NASA. Selama ini NASA hanya sanggup mempelajari dan meneliti planet dalam tata surya kita hingga Neptunus saja, dan Pluto tetap tidak tersentuh hingga New Horizon mencapai Pluto.

 

Sumber foto : NASA

 

 

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *