Mengenal Lebih Jauh Masjid Agung Paris Di Prancis

masjid-agung-paris
Foto:smarterparis.com

Mendengar kota Paris pasti yang terlintas dalam pikiran anda adalah menara yang sangat tersohor dan menjadi ikon negara Prancis yaitu menara Eiffel. Tetapi ternyata di Paris juga terdapat sebuah masjid agung bersejarah yang indah dan juga dinobatkan sebagai masjid terbesar di Prancis dengan total luas area mencapai 1 hektar.

Bentuk penghormatan kepada 100 ribu pejuang muslim Prancis yang gugur

Masjid yang resminya bernama ‘ La Grande Mosquée de Paris’ ini diresmikan pada tahun 15 Juli 1926 oleh Gaston Doumergue – Presiden Prancis pada saat itu dan dihadiri juga oleh Sultan dari Maroko yang bernama Moulay Youssef. Seorang tokoh Sufi keturunan Aljazair yang bernama Ahmad al-Alawi  didaulat sebagai imam untuk shalat berjamaah pertama kali di mesjid itu sebagai salah satu bagian dalam acara peresmian tersebut.

peresmian_masjid_paris
Peresmian masjid Paris: photo:Albert Harlingue

Masjid Agung Paris yang kini juga berfungsi sebagai Pusat Studi Islam di Prancis ini pertama kali dibangun setelah berakhirnya Perang Dunia Pertama yang ditujukan sebagai bentuk penghormatan kepada 100 ribu lebih pejuang Prancis muslim yang gugur dalam perang tersebut demi membela kedaulatan Prancis.

masjid_prancis5
foto:Checco

Masjid Agung Paris ini memiliki gaya arsitek yang terinspirasi dari Masjid terkenal dan salah satu yang tertua di dunia yaitu Masjid Al Qaraouiyyin yang terletak di kota Fés, Maroko. Selain itu juga masjid ini dilengkapi dengan menara setinggi 33 meter yang terinspirasi dari masjid Al Zitouna yang berada di Tunisia. Sedangkan seluruh bagian dekorasi dibuat oleh pengrajin dari Afrika Utara dengan menggunakan bahan-bahan tradisional dari negara yang sama. Misalnya saja pahatan kayu, batu mosaik bahkan di ruang kamar mandi dilengkapi dengan batu marbel dari Turki.

Saat ini masjid agung Paris ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat beribadah tetapi juga sebagai pusat kajian Islam di Prancis dan terbagi menjadi beberapa bangunan dengan fungsi yang berbeda-beda diantaranya adalah:

  • Area masjid untuk melakukan shalat dan ibadah lainnya.
  • Madrasah atau sekolah muslim
  • Perpustakaan
  • Ruang pertemuan
  • Restoran, kedai teh dan toko perlengkapan muslim
Tempat berlindung orang yahudi

Pada era Perang Dunia kedua ketika Nazi menguasai Prancis, masjid ini juga berfungsi sebagai tempat berlindung warga muslim yang tinggal di Prancis dan warga Prancis lainnya. Bahkan pernah pada masa itu tentara separatis anggota FTP (France-tireurs Partisan) keturunan Aljazair melakukan sebuah misi untuk menyelamatkan para tentara penerjun asal Inggris dan memberikan persembunyian di dalam komplek masjid.

masjid-paris
foto:Eric Parker

Selain itu tentara FTP ini juga memberikan perlindungan pada keluarga-keluarga keturunan yahudi dan memberikan tempat tinggal sementara di dalam kompleks masjid. Bahkan tidak sedikit masjid agung ini memberikan akte lahir muslim palsu untuk para anak-anak yahudi agar terselamatkan dari pengaruh Nazi dan bisa menyebrang ke negara-negara Arab yang lebih aman. Tidak kurang 1600 orang yahudi yang berhasil berlindung di komplek masjid ini pada saat itu.

Pada tahun 2005 keturunan dari keluarga yahudi yang terselamatkan tersebut memberikan medali penghargaan kepada keluarga pemimpin masjid agung pada era Nazi tersebut yaitu Si Kaddour Benghabrit atas jasanya melindungi warga yahudi.

masjid_paris3
Foto:Swamibu

Saat ini masjid agung Paris bukan hanya sebagai pusat ibadah muslim di Prancis, akan tetapi juga sebagai pusat Islam di Eropa. Mengingat di seluruh Prancis sendiri hanya terdapat 121 masjid yang mana bisa dikategorikan sangat sedikit apabila melihat jumlah warga muslim yang tinggal di Prancis sebanyak 4 juta orang.

masjid_paris2
Foto:Sokleine
masjid_paris6
Foto:Nagillum

Karena terletak di kota wisata internasional, Masjid Paris ini juga seringkali dikunjungi oleh banyak wisatawan setiap tahunnya. Selain menikmati arsitekturnya yang indah, juga sebagai tempat untuk menikmati sajian khas timur tengah yaitu kuskus yang lezat dengan ditemani dengan teh panas rasa mint.

Apabila anda mengunjungi Paris silahkan anda kunjungi masjid cantik ini yang terbuka untuk semua kalangan.

La Gande Mosquée de Paris : 2 bis place du Puits de l’Ermite 7005 Paris

 

 

 

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *