Mobil Pertama Porsche Ternyata Mobil Listrik

porsche_P1Mobil Porsche P1 yang dibuat pada tahun 1898 oleh Ferdinand Porsche yang juga merupakan jenis pertama yang dibuat oleh Porsche sendiri telah diketemukan setelah sempat dianggap hilang seluruhnya.

Yang unik Porsche P1 ini ternyata berpenggerak tenaga listrik. Dengan dibekali motor yang mampu mengeluarkan 3 daya kuda dan memiliki berat maksimum hingga 130 kg hanya mampu berjalan 35 km/jam dengan jarak tempuh 80 km. Tetapi kemampuan mobil listrik ini pada masa itu sudah sangat mengagumkan..

Sejarah peluncuran Porsche P1 ini dilakukan pada acara Pameran otomotif yang dilaksanakan pada tanggal 28 September 1898. Saat itu mobil ini merupakan yang paling revolusioner dibandingkan dengan mobil lain yang dipajang.

Porsche P1 ini diketemukan di sebuah gudang di daerah Austria setelah hampir selama 112 tahun tidak diketahui rimbanya. Yang mengejutkan pada saat diketemukan Porsche ini masih dalam keadaan relatif baik, mesinnya masih bisa menyala walaupun beberapa bagian bodi sudah raib.

Saat in Porsche P1 sudah ditempatkan di museum Porsche di Stuttgart, Jerman dengan menggunakan bodi plastik buatan untuk memberikan gambaran seperti apa dulu bodinya dibentuk.

porsche_P1_6 porsche_P1_5 porsche_P1_4 porsche_P1_3 porsche_P1_2

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *