Otak Manusia Tertua Didunia Ditemukan Di Inggris

otaktertuaSebuah tim peneliti Inggris berhasil menemukan sebuah kerangka purba yang ternyata tanpa diduga masih terdapat otak dalam keadaan utuh didalam tengkorak itu sendiri.

Otak tersebut diperkirakan berumur lebih dari 2600 tahun dan diputuskan sebagai otak manusia tertua di dunia. Lalu mengapa otak tersebut masih dalam keadaan utuh? Ternyata jawabnya adalah lumpur. Ya, menurut peneliti tersebut lumpur memegang peranan penting kenapa setelah beribu-ribu tahun organ tersebut dapat utuh. Dengan ditutupi lumpur yang kedap udara maka otak tersebut terlindungi dari pembusukan.

Penemuan ini dianggap sangat langka mengingat biasanya para ahli arkeologi hanya menemukan peninggalan purba kala berupa tulang belulang.  Otak itu sendiri setelah dilakukan penelitian lebih lanjut berasal dari manusia jaman purba yang diperkirakan berumur 26 hingga 45 tahun dengan berjenis kelamin laki-laki.

Penemuan yang dilakukan oleh tim dari Universitas York ini rencananya akan diteliti lebih jauh lagi untuk mengetahui penyebab pasti otak tersebut bisa bertahan selama ribuan tahun tanpa mengalami pembusukan.

 

 

 

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *