Penampakan Awan Aneh Di Kota Kecil Di Australia Ini Membuat Heran Penduduknya

awan_anehBentuk awan kadang bisa berubah tergantung tekanan udara, cuaca, ataupun suhu, tapi tidak diketahui mengapa awan yang muncul di atas kota Wonthaggi, Australia ini bisa membentuk penampakan aneh. Kejadiannya sendiri terjadi pada hari senin siang 3 November 2014, di kota yang berjarak 100 km dari sebelah selatan Melbourne ini tiba-tiba awan menunjukkan bentuk yang tidak biasa. Penduduk sekitar pun mulai mengamati mengapa fenomena ini bisa terjadi.

awan_aneh2Hari itu ramai di media sosial penampakan awan yang berbentuk tidak seperti biasanya itu. Ada yang kebingungan mengapa bisa begitu, ada juga yang beropini mungkin itu adalah tanda-tanda kemunculan makhluk asing luar angkasa atau UFO, karena mirip dengan penampakan di film yang bertemakan kedatangan UFO di bumi ‘Independence Day’ yang dibintangi Will Smith.

Untungnya karena tersiarnya kabar fenomenan awan ini membuat ahli meteorologi australia untuk berkomentar atas apa yang terjadi di atas kota Wonthaggi tersebut. Menurut Michael Efron, fenomena tersebut dinamakan awan tipe ‘punch hole’, yaitu tipe awan yang terbentuk karena diakibatkan temperatur uap air yang berada di awan menurun drastis hingga dibawah nol derajat, sedangkan uap airnya sendiri belum membeku. Ketika air sudah membeku maka awan akan kembali normal seperti yang kita lihat biasanya.

 

 

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *