Pria Ini Adalah Manusia Pertama Di Dunia Yang Mampu Hidup Tanpa Denyut Jantung

lewis-728x400Pria yang bernama Craig Lewis yang berumur 55 tahun ini pada awalnya didiagnosa memiliki suatu penyakit yang disebut ‘Amlyoidosis’ yaitu suatu kelainan pada daya imun tubuh yang tidak normal yang menyebabkan kegagalan fungsi pada hati, jantung dan ginjal. Orang yang mengalami kelainan ini biasanya tidak akan bertahan hidup lebih dari beberapa hari apabila tidak dibantu dengan alat penunjang.

Untungnya Craig dibantu oleh Dr. Billy Cohn and Dr. Bud Frazier dari Texas Heart Institute yang membantu mencangkokkan suatu alat yang memiliki fungsi sama persis dengan jantung namun bedanya tidak memiliki denyut. Alat ini akan bekerja terus memompa darah ke seluruh tubuh dengan lancar tanpa berdenyut layaknya jantung normal.

Craig sendiri adalah pasien pertama yang mengadopsi teknologi ini. Namun sayangnya ginjal dan liver Craig tidak mampu mendukung alat ini sehingga keluarganya meminta dokter untuk melepaskan alat ini setelah tertanam di tubuh Craig selama beberapa bulan.

Yang pasti alat yang diciptakan oleh kedua dokter ini merupakan suatu kemajuan yang sangat signifikan di dunia kesehatan. Bayangkan dalam beberapa tahun yang akan datang bukan tidak mungkin kemajuan teknologi mampu menciptakan suatu organ pengganti yang mungkin lebih canggih dari ‘jantung tanpa denyut’ ini.

Yang menjadi pertanyaan apakah alat-alat ini benar-benar bisa menggantikan fungsi keseluruhan dari organ biologis kita? apakah dengan menggunakan misalnya jantung buatan ini kita akan bisa tetap merasakan emosi dan gelombang radiasi elektromagnetik yang dipancarkan manusia ke manusia lainnya yang biasanya terjadi melalui jantung normal? Bayangkan apabila suatu saat badan kita bisa diganti dengan alat-alat berteknologi tinggi yang memiliki fungsi sama persis dengan organ aslinya..apakah akan tetap sama?

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *