Pria Ini Menciptakan Awan Didalam Ruangan

awan-buatanSeorang seniman asal Belanda yang bernama Berndnaut Smilde mampu menghasilkan karya seni dengan menciptakan awan didalam ruangan. Awan yang diciptakan seniman ini bukan awan palsu akan tetapi mirip dengan awan asli yang biasanya berada di atas langit dengan menggunakan beberapa alat dan bahan seperti mesin asap, air, kipas angin dan lampu sorot.

Pada dasarnya apa yang dilakukan Smilde ini adalah mengatur keseimbangan komposisi suhu, kelembaban dan cahaya hingga ia bisa menciptakan awan ‘jadi-jadian’. Awannya ini biasanya langsung diabadikan menjadi foto karena pembentukan awan tersebut berlangsung relatif singkat.

BerndnautSmilde-992Setelah melakukan pertunjukkan pertama kali pada tahun 2010 di Belanda, Smilde telah diundang di beberapa negara untuk melakukan pertunjukan di berbagai museum.

Walaupun begitu Smilde mengaku sangatlah sulit menciptakan awan yang sempurna. Kadang terlalu tipis dan langsung menghilang kadang juga sebagian tipis dan sebagian lainnya terlalu tebal, tapi disitulah seninya, ujarnya ketika diwawancarai jurnalis Inggris.

 

 

 

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *