Sisi Gelap Jaringan Internet Yang Anda Tidak Bayangkan Sebelumnya

darkwebBerapa situs yang anda akses setiap hari? Saya yakin yang paling rutin anda kunjungi tidak akan lebih dari hitungan jari, misalnya Facebook, google atau situs berita favorit anda. Kita tahu memang ada jutaan situs diluar sana. Tetapi apakah anda pernah membayangkan bahwa ternyata ada jaringan situs web yang tidak terdeteksi oleh situs pencarian manapun termasuk Google dan diduga lebih besar daripada jaringan internet yang kita kenal.

Inilah yang disebut sebagian orang dengan istilah Deep Web atau DarkNet. Jaringan ini merupakan tempat dimana kita memerlukan perangkat lunak khusus untuk mengaksesnya dan tidak semua orang bisa memasuki jaringan tersebut. Selain dilengkapi dengan lapisan keamanan khusus, jaringan ini juga diduga 500 kali lebih besar dari jaringan yang kita kenal selama ini.

Tetapi memang sebagian besar aktifitas yang terjadi di dalam jaringan ini biasanya berhubungan dengan sesuatu yang ilegal. Beberapa aktifitas yang terjadi diantaranya :

1. Narkoba

Dalam jaringan ini anda bisa membeli obat-obatan terlarang dalam jumlah kecil maupun partai besar. Salah satu toko online yang baru-baru ini ditutup oleh pemerintah Amerika Serikat adalah Silk Road. Dalam waktu hanya 28 bulan toko ini menghasilkan omset sebesar 200 juta dolar.

2. Uang Palsu

Tersedia beberapa jenis mata uang palsu seperti misalnya dolar, yen ataupun euro dengan berbagai macam variasi kualitas kertas.

3. Dokumen palsu

Darknet juga adalah tempat dimana anda bisa memesan dokumen penting aspal seperti misalnya paspor, kartu identitas bahkan ijazah pendidikan.

4. Senjata api ilegal

Senjata api bahkan bom C4 bisa anda pesan disini. Pihak penjual biasanya akan mengirimkan dengan kemasan khusus yang digabung dengan barang-barang lain agar tidak menarik perhatian orang. Biasanya ini sering terjadi terutama di Amerika Serikat.

5. Pembunuh bayaran.

Beberapa penyedia layanan ini bahkan berbentuk perusahaan. Pembayaran transaksi biasanya menggunalan bitcoin, dan bukti pengerjaan akan disajikan melalui foto korban.

6. Organ manusia.

Ginjal atau organ lain pun bisa didapatkan di jaringan ini. Ginjal dihargai 200 ribu dolar, jantung 120 ribu dolar dan sepasang mata berharga 1,500 dolar.

Lalu bagaimana caranya mengakses jaringan ini.

1. Browser anonim

Perangkat lunak yang bernama The Onion Router atau sering disingkat TOR adalah satu diantara perangkat lunak yang sering digunakan untuk memasuki jaringan ini. Prinsip kerja perangkat lunak ini secara sederhana adalah menyembunyikan identitas dan sinyal akses dengan cara mengalihkan ke ribuan server di seluruh dunia. Sehingga sangat sulit bagi pihak berwajib untuk mendeteksi. Halaman yang berguna sebagai ‘gerbang’ untuk memasuki jaraingan ini biasanya beralamat di situs dengan berkahiran (dot)onion yang juga hanya bisa diakses dengan browser khusus.

2. Situs pencarian rahasia

Pada pertengahan 2014 sempat muncul situs pencarian khusus untuk mencari situs tertentu didalam jaringan ini yang bernama Grams yang konon diciptakan oleh para hacker di dunia.

3. Forum rahasia.

Melalui forum-forum yang biasanya sesorang dapat bergabung hanya dengan undangan khusus. Forum ini juga berfungsi sebagai wadah bernegosiasi mengenai barang atau jasa ilegal.

 

 

 

 

 

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *