Telah Ditemukan Cara Untuk Merubah Warna Mata Menjadi Biru

mata-biruSuatu perusahaan medis yang berbasis di California, Amerika Serikat telah mampu merubah warna mata coklat menjadi biru secara permanen dengan cara operasi laser. Perusahaan yang bernama Stroma Medical ini menjadi pelopor di dunia dalam penggunaan teknologi operasi laser untuk merubah warna mata.

Cara kerja operasi ini sendiri  tidak berhubungan dengan pewarna ataupun dengan cara memasukkan warna ke dalam mata, akan tetapi justru menghilangkan lapisan pigmen tipis yang membuat mata seseorang terlihat berwarna coklat atau biru. Terlihat? ya terlihat, karena menurut Dr. Gregg Homer dari Stroma Medical menjelaskan bahwa pada dasarnya pada mata berwarna coklat dibaliknya adalah mata berwarna biru. Akan tetapi karena adanya lapisan pigmen yang memisahkan diantara keduanya jadi ketika terkena cahaya akan menunjukkan warna coklat. Untuk itulah operasi perubahan warna ini berfokus pada penghilangan lapisan pigmen tersebut.

Singkatnya ketika lapisan pigmen ini hilang maka diharapkan cahaya yang masuk ke dalam mata akan langsung ke bagian mata yang bernama stroma  yang bertugas memendarkan cahaya yang diterimanya yang kebetulan berwarna biru. Maka dari itu seseorang yang melakukan operasi laser ini akan terlihat memiliki mata biru.

Metode ini sendiri mendapatkan cukup banyak pro dan kontra mengenai efek samping yang mungkin akan timbul setelah operasi dilakukan. Salah satu pihak yang kontra adalah dari London Eye Hospital yang mengkhawatirkan bahwa mata akan mengalami tekanan yang berlebihan dan dapat mengakibatkan glaukoma karena hilangnya lapisan pigmen tersebut.

Tetapi menurut Dr. Gregg Hommer sendiri metode ini klaimnya  aman untuk dilakukan dan kecil kemungkinan akan mengakibatkan efek Glaukoma. Sejauh ini menurutnya sudah ada 17 pasien di Meksiko dan 20 pasien di Costa Rica yang menjalani operasi yang berbiaya sebesar 5,000 dolar amerika ini. Karena memang operasi ini sendiri baru mendapatkan ijin legal dari kedua negara itu saja.

Anda berminat?

source: iflscience

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *