Untuk Pertama Kalinya Bayi Lahir Dari Rahim Hasil Transplantasi

bayi-hasil-transplantasi-rahim

Seorang ibu berumur 39 tahun di Swedia dikabarkan berhasil melahirkan seorang bayi dari rahimnya yang merupakan hasil transplantasi. Wanita yang dirahasiakan namanya ini sebelumnya didiagnosis mengidap suatu kelainan yang bernama sindrom Mayer-Rokitansky-Kuester-Hauser (MRKH) yaitu suatu kelainan pada wanita dimana sejak lahir tidak memiliki rahim atau alat reproduksi.

Tim yang dipimpin oleh Profesor Matts Brännström dari Universitas Gothenburg yang mengani ekserimen ini sebelumnya juga telah berhasil mencangkokkan rahim pada 9 wanita dengan 7 diantaranya mengalami kesuksesan yang ditandai dengan adanya menstruasi. Akan tetapi ketika wanita tersebut tidak menginginkan lagi memiliki anak, maka rahim tersebut dapat kembali diangkat karena terlalu berat.

Keberhasilan ini menurut Profesor Brännström adalah hasil kerja keras selama 10 tahun terakhir melakukan penelitian intensif pada binatang dan teknik pembedahan. Yang jelas menurutnya dengan kemajuan ini diharapkan akan membantu ribuan wanita di dunia yang memiliki kondisi yang tidak subur.

Wanita swedia itu sendiri dan juga bayinya dikabarkan dalam kondisi stabil setelah menjalani operasi cesar. Dikabarkan juga rahim yang dimilikinya sekarang adalah rahim dari seorang wanita berumur 61 tahun yang juga merupakan teman baik wanita tersebut.

 

credit foto : the lancet via ilf science

 

 

 

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *